Kamis, 04 November 2010

Mobil 007 Dilelang Rp. 41 Miliar (Mobil Aston Martin DB5 tahun 1964)


Mobil Aston Martin DB5 tahun 1964 yang pernah dipakai dalam film mata-mata Inggris James Bond berhasil dilelang dengan harga selangit yakni Rp 40,9 miliar. Angka ini memang lebih rendah dari perkiraan sebelumnya yakni Rp 45,9 miliar. 

Dalam sebuah lelang yang digelar di London, mobil yang digunakan Sean Connery tersebut dibeli oleh seorang pengusaha Amerika Serikat Harry Yeaggy.

"Ini mobil yang selalu saya inginkan, lagi pula ini adalah mobil yang paling terkenal di dunia," ujar Yeaggy seperti dilansir Reuters, Kamis (28/10/2010).

Apa yang akan dilakukan Yeaggy dengan mobil Aston Martin itu? Apa akan berlagak seperti James Bond? Rupanya tidak.

"Rencananya saya akan memamerkannya di museum pribadi saya di Ohio," ujarnya.

Yeaggy mewarisi mobil ini dari pemilik sebelumnya yakni Jerry Lee. Yeaggy menjadi pemilik kedua dari mobil berwarna perak itu. 

Sejarah Mobil 

Mobil ini sendiri awalnya hanya dipinjamkan produsen mobil Aston Martin kepada EON Productions untuk syuting kedua film James Bond yakni Goldfinger dan Thunderball. Mobil itu kemudian kembali ke markas Aston Martin ketika penggarapan film selesai.

Selanjutnya pada tahun 1969 mobil ini dijual kepada seorang radio broadcaster dari Amerika Jerry Lee dengan harga hanya US$ 12.000 saja.

Mobil ini terkenal di seluruh dunia dengan nomor registrasi asli dari Inggris, FMP 7B. Aston Martin ini juga satu diantara dua mobil produksi yang tersisa. DB5 asli yang digunakan Sean Connery dalam film James Bond seri Goldfinger dan Thunderball.

Dan yang tentunya paling menarik adalah aplikasi berbagai gadget khas Bond hasil olahan ahli spesial efek yang telah memenangi piala Oscar, John Stears seperti senapan mesin, perisai anti peluru, plat nomor yang dapat berputar, pelacak, atap yang dapat ditanggalkan, spray penyebar minyak, perusak ban kendaraan lain, hingga penyebar paku dan asap.

Kesemua peralatan James Bond tersebut dapat dioperasikan dengan mudah melalui panel yang tersembunyi di arm rest tengah kendaraan.

Hasil dari pelelangan mobil Bond ini akan disalurkan ke Jerry Lee Foundation yang fokus membahas masalah-masalah sosial yang terkait dengan kemiskinan dan pencegahan kejahatan.


0 komentar:

Posting Komentar